PENGARUH SALURAN DISTRIBUSI DAN PROMOSI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA PT. SINAR PRIMA LESTARI JAYA MEDAN
Oleh : Jhon Hardy
Diterbitkan di : BISMAN INFO
Volume : 5 No : 1 Februari 2018
Penerbit : Politeknik Unggul LP3M
ISSN : 2355-1500
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh saluran distribusi dan promosi terhadap keputusan pembelian pada PT. Sinar Prima Lestari Jaya Medan. Populasi dalam penelitian yaitu pelanggan PT. Sinar Prima Lestari Jaya Medan yang berjumlah 30 orang. Sedangkan teknik pengambilan sampel sacara Non propability sampling dengan cara Accidental Sampling. Dengan teknik penentuan sampel bagi responden yaitu dengan metode peneliti menilai menentukan sampel dengan kebetulan ditemui oleh peneliti pada saat pengumpulan data. Cara Jadi sampel dalam penelitian ini yakni berjumlah 30 responden. Jenis penelitian yaitu penelitian kuantitatif. Penelitian kuantitatif atau penelitian kausal adalah penelitian yang ingin melihat apakah suatu variabel berperan sebagai variabel bebas berpengaruh terhadap variabel lain yang menjadi variabel terikat. Sedangan teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah uji validitas, reliabilitas, analisis regresi linier berganda, uji-t, uji-f, dan koefisien determinasi dengan menggunakan SPSS versi 20.
Berdasarkan hasil penelitian analisis regresi sederhana yaitu Y = 2,399 + 0,373 X1 + 0,230 X2 + e yang menjukkan saluran distribusi dan promosi berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian dan secara parsial (uji-t) bisa dilihat dari hasil perhitungan uji-t untuk variabel saluran distribusi (X1) yang menghasilkan thitung= 4,647 > ttabel= 2,051 pada tingkat signifikansi (α) = 5% (0,05) dan dari hasil perhitungan uji-t untuk variable promosi (X2) yang menghasilkan thitung= 2,762 > ttabel= 2,051 pada tingkat signifikansi (α) = 5% (0,05). Secara bersama-sama (uji F) saluran distribusi (X1) dan promosi (X2) berpengaruh signifikan positif terhadap keputusan pembelian Pada PT. Sinar Prima Lestari Jaya Medan. Hal ini bisa dilihat dari hasil perhitungan uji F yang menghasilkan Fhitung= 17,646 > Ftabel= 3,35. Sedangkan hasil koefisien determinasi (R2) sebesar nilai regresi korelasi sebesar 0,753, artinya secara bersama-sama saluran distribusi dan promosi terhadap keputusan pembelian mampu menjelaskan pada taraf yang erat dan positif. Kemudian koefisien determinasi (R2) sebesar 0,567 (56,7%). Sehingga dapat dikatakan bahwa 56,7% variasi variabel terikat yaitu saluran distribusi dan promosi pada model dapat menjelaskan keputusan pembelian sedangkan sisanya sebesar 43,3% dipengaruhi oleh variabel lain di luar model.
Kata Kunci : Saluran Distribusi, Promosi, Keputusan Pembelian