ANALISIS SIKAP MULTIATRIBUT FISHBEIN TERHADAP HANDPHONE SAMSUNG DAN HANDPHONE OPPO
Oleh : Nasib
Diterbitkan di : BISMAN INFO
Volume : 6 No : 1 Februari 2019
Penerbit : Politeknik Unggul LP3M
ISSN : 2355-1500
Abstrak
Tujuan dalam penelitian ini yaitu untuk menganalisis atribut produk yang melekat pada handphone Samsung dan handphone OPPO. Populasi dalam penelitian ini yaitu 30 mahasiswa aktif kampus Politeknik Unggul LP3M yang pernah menggunakan handphone Samsung maupun handphone OPPO. Teknik analisis yang digunakan yaitu analisis sikap model Fisbein yang terdiri dari the attitude-toward-object model, the attitude-toward-behavior-model dan The attitude theory-of reasoned-action model. Model ini menjelaskan bahwa sikap konsumen terhadap suatu objek sikap (produk atau merek) sangat ditentukan oleh sikap konsumen terhadap suatu atrubut-atribut produk yang dievaluasi. Adapun atribut produk handphone yang diukur terdiri dari kualitas kamera, harga yang murah, spesifkasi hp, garansi, kemudahan mendapatkan service center dan desain warna hp. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 5 atribut produk handphone OPPO lebih unggul dibandingkan 1 atribut produk yang ada pada handphone Samsung.
Kata Kunci : Atribut Produk, Sikap Multi Atribut Fishbein, Norma Subjektif