PENGARUH PROMOSI TERHADAP TINGKAT PENJUALAN PADA PT. GIRA NIRWANA PUTRA TRAVEL MEDAN
Oleh : Nirmalasari
Diterbitkan di : BISMAN INFO
Volume : 6 No : 2 Juni 2019
Penerbit : Politeknik Unggul LP3M
ISSN : 2355-1500
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh promosi terhadap tingkat penjualan. Populasi dalam penelitian ini adalah data promosi dan penjualan periode tahun 2015 yang terdiri dari 12 bulan sedangkan teknik penentuan sampel dengan total sampling yang berarti populasi semua dapat dijadikan sampel penelitian yang berjumlah 12 bulan. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif berguna untuk menganalisis bagaimana suatu variabel mempengaruhi variabel lain, dan juga berguna pada penelitian yang bersifat eksperimen dimana variabel independennya diperlakukan secara terkendali oleh peneliti untuk melihat dampaknya pada variabel dependennya secara langsung. Hasil analisis regresi sederhana yaitu Y = 10,313 + 0,485X + e yang menunjukkan bahwa promosi memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap tingkat penjualan. Sedangkan hasil uji (t) atau uji parsial menunjukkan bahwa t hitung = 2,322 (n-2=12-2=10) > t table 1.812 koefisien determinasi (R2) sebesar 0,350 (35%). Sehingga dapat dikatakan bahwa 35% variasi variabel terikat yaitu promosi pada model dapat menjelaskan penjualan sedangkan sisanya sebesar 65% dipengaruhi oleh variabel lain di luar model.