PENGARUHI PELAYANAN TERHADAP TINGKAT KEPUASAN PASIEN DI KLINIK SITI HAJAR MEDAN
Oleh : Ester Hervina Sihombing, Didit Aji Wahyudi
Diterbitkan di : BISMAN INFO
Volume : 3 No : 3 Oktober 2016
Penerbit : Politeknik Unggul LP3M
ISSN : 2355-1500
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah pelayanan berpengaruh terhadap kepuasan pasien pada Klinik Siti Hajar Medan. Hasil dari Penelitian ini menunjukkan bahwa Pelayanan sangat erat kaitannya dengan kepuasan pasien di klinik Siti hajar Medan ini terlihat dari hasil uji yang dilakukan. Populasi yang dipakai dalam penelitian ini adalah pasien pada Klinik Siti Hajar Medan dengan sampel yang digunakan sebanyak 65 orang responden yang, sedangkan teknis analisis data menggunakan analisis regresi linier sederhana, uji statistik (uji t dan koefisien determinasi). Dari hasil uji regresi linier sederhana nilai Signifikansi untuk variabel pelayanan (0,00) lebih kecil dibandingkan dengan dari alpha 5% (0,05) atau t hitung = 8,806 (n-2=30-2=28) > t table 1.70113. Berdasarkan hasil analisis regresi linier sederhana, uji t dan uji determinasi maka dapat disimpulkan bahwa variabel pelayanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pasien pada Klinik Siti Hajar Medan.