PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP KEPUASAN NASABAH PADA PT. BANK SYARIAH MANDIRI CABANG BELAWAN
Oleh : Hari Suhanda
Diterbitkan di : BISMAN INFO
Volume : 7 No : 1 Februari 2020
Penerbit : Politeknik Unggul LP3M
ISSN : 2355-1500
Abstrak
Persaingan dunia perbankan terjadi bukan hanya antara bank satu dengan baik lain. Akan tetapi sudah bergeser antara bank konvesnional dengan bank syariah. Tujuan utama dalam penelitian ini yaitu untuk mengetahui secara parsial maupun simultan pengaruh variabel kualitas pelayanan dan kualitas produk terhadap kepuasan nasabah pada PT. Bank Syariah Mandiri Cabang Belawan. Populasi dan sampel dalam penelitian yaitu nasabah Bank Syariah Mandiri Cabang Belawan. Adapun teknik penarikan sampel dengan accidental sampling dengan pendekatan teori Slovin (5%). Hasil penelitian membuktikan bahwa kedua variabel kualitas pelayanan dan kualitas produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan nasabah pada PT. Bank Syariah Mandiri Cabang Belawan. Akan tetapi variabel kualitas produk memiliki pengaruh lebih besar dibandingkan dengan variabel kualitas pelayanan
Kata Kunci : Pengembangan Karir, Pelatihan, Kepuasan Kerja