PENGARUH MOTIVASI KERJA TERHADAP KINERJA GURU PADA SEKOLAH SMP NURUL HASANAH MEDAN
Oleh : Sabaruddin Chaniago, Ahmad Fadli
Diterbitkan di : BISMAN INFO
Volume : 7 No : 1 Februari 2020
Penerbit : Politeknik Unggul LP3M
ISSN : 2355-1500
Abstrak
Tujuan dalam penelitian ini untuk mengetahui pengaruh terhadap kinerja guru di SMP Nurul Hasanah Medan. Populasi dalam penelitian yaitu guru SMP Nurul Hasanah Medan yang berjumlah 42 responden sedangkan teknik penentuan dengan sampel jenuh. Adapun sumber data dalam penelitian ini dari data primer dan data sekunder. Dimana data primer dari observasi, wawancara dan kuesioner. Sedangkan data sekunder dapat dari data yang sudah didokumentasikan. Sedangkan teknik analisa data yang digunakan yaitu analisa regresi linier sederhana.
Hasil analisis regresi bergenda yaitu Y = 10,038+ 0,778X+ e yang menjukkan motivasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja guru. Sedangan hasil uji (t) atau uji parsial menunjukkan bahwa motivasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja guru dimana dapat dilihat nilai thitung 9,431 > ttabel 2,021. Hasil koefisien determinasi sebesar sebesar 0,690 (69%). Sehingga dapat dikatakan bahwa 69% variasi variabel terikat yaitu motivasi pada model dapat menjelaskan variabel kinerja guru pada SMP Nurul Hasanah Medan sedangkan sisanya sebesar 31% dipengaruhi oleh variabel lain di luar model