PENGARUH SENSE OF HUMOR TERHADAP KOMUNIKASI INTERPERSONAL PADA ANGGOTA KOMUNITAS STAND UP COMEDY TEBING TINGGI
Oleh : Srie Hartati
Diterbitkan di : BISMAN INFO
Volume : 7 No : 2 Juni 2020
Penerbit : Politeknik Unggul LP3M
ISSN : 2355-1500
Abstrak
Komunikasi interpersonal adalah proses interaksi dalam menyampaikan informasi antar individu. Kegagalan komunikasi dapat terjadi ketika individu berinteraksi dengan individu lain dengan menggunakan sense of humor yang bertujuan untuk menghibur, namun individu tersebut memberikan respon negatif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh sense of humor terhadap komunikasi interpersonal pada komunitas stand up comedy Tebing Tinggi. Subjek penelitian ini adalah anggota komunitas stand up comedy Tebing Tinggi yang berjumlah 50 orang (N = 50). Instrumen yang digunakan yaitu skala sense of humor yang diukur dengan Multidimensional Sense of Humor Scale (MSHS) dan skala komunikasi interpersonal yang disusun sendiri oleh peneliti. Analisis data yang digunakan adalah analisis regresi sederhana dan dengan bantuan aplikasi SPSS 22,00 for windows.
Hasil analisis data yang telah dilakukan menunjukkan bahwa besarnya pengaruh antar variabel adalah R = 0,314 dengan nilai signifikansi p = 0,027 < 0,05. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ada pengaruh sense of humor terhadap komunikasi interpersonal pada anggota komunitas stand up comedy Tebing Tinggi. Penelitian ini diharapkan menjadi salah satu sarana dalam mengatasi masalah dalam berkomunikasi yang baik dengan melibatkan unsur sense of humor didalamnya agar proses komunikasi terkesan lebih santai dan menyenangkan.
Kata Kunci : sense of humor, komunikasi interpersonal, komunitas stand up comedy