Oleh : Marlina
Diterbitkan di : BISMAN INFO
Volume : 3 No : 3 Oktober 2016
Penerbit : Politeknik Unggul LP3M
ISSN : 2355-1500
Abstrak
Komunikasi suatu hal keharusan yang tidak bisa dihindari oleh setiap manusia, karena komunikasi juga merupakan kebutuhan primer setiap makhluk sosial. Saat ini marak kita temukan pada setiap dikalangan, tidak memandang status sosial, tingkat pendidikan dan pekerjaan yaitu kegiatan berkomunikasi yang berlangsung didunia maya, dengan fasilitas media sosial yang sangat beragam, komunikasi yang dilakukan oleh setiap orang lebih mudah dan cepat. Ada kenalan baru, sahabat lama yang tidak pernah bertemu lama, dan lain sebagainya. Mengamati setiap detail teks yang mereka gunakan pada saat berinteraksi dengan sahabat “dunia maya” pengguna media sosial, akan bisa terlihat sejauh mana keterbukaan serta ketulusan dalam melakukan interaksi sosial di dunia maya mereka. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan tekhnik wawancara terhadap 10 orang pengguna media sosial facebook. Penelitian yang bersifat kualitatif ini, menggunakan teori komunikasi interpersonal. Temuan yang didapat dalam penelitian ini adalah, komunikasi yang dilakukan dengan cara tatap muka berlangsung tergantikan dengan komunikasi yang dilakukan melalui media, khususnya media sosial Facebook. Para pengguna media sosial ini lebih senang dan asyik bertegur sapa didunia maya, walaupun duduk berhadapan mereka lebih asik dengan dunia maya mereka dari pada melakukan kegiatan interaksi langsung. Dalam penelitian ini didapati juga beberapa hal yang menjadi faktor penyebab bergesernya pola komunikasi tatap muka kepada komunikasi melalui media sosial Facebook. Adapun beberapa faktor tersebut adalah: jarak yang terpaut jauh, kesibukan masing-masing sehingga tidak memungkinkan untuk bertemu langsung, lebih santai dan dapat dilakukan dalam keadaan apapun, bahasa yang akan dikeluarkan dapat disetting sedemikian rupa, hemat biaya. Walaupun demikian komunikasi tatap muka merupakan sebuah komunikasi perwujudan yang nyata ,komunikasi yang dilakukan melalui media sosial merupakan sebuah alternatif dari cara berkomunikasi agar tetap melakukan komunikasi dengan tidak menganggu dan lebih menghemat biaya.
Kata Kunci : Daya Tarik, Media Sosial, Media Komunikasi Alternatif