PENGARUH BRAND AMBASSADOR DAN JINGLE IKLAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN INDOMIE GORENG
Oleh : Ratih Amelia
Diterbitkan di : BISMAN INFO
Volume : 3 No : 3 Oktober 2016
Penerbit : Politeknik Unggul LP3M
ISSN : 2355-1500
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh brand ambassador dan jingle iklan terhadap keputusan pembelian indomie goreng di PT. Trans Retail Indonesia Plaza Medan Fair. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh konsumen yang telah membeli varian Indomie goreng baik secara rutin maupun sekali datang saja yang jumlahnya tidak diketahui dengan pasti. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kausal, berguna untuk menganalisis bagaimana suatu variabel mempengaruhi variabel lain, dan juga berguna pada penelitian yang bersifat eksperimen dimana variabel independennya diperlakukan secara terkendali oleh peneliti untuk melihat dampaknya pada variabel dependennya secara langsung. Hasil analisis regresi sederhana yaitu Y=4.819 + 0,183X1 + 0,258X2 + e yang variabel brand ambassador dan jingle iklan pengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian indomie goreng di PT. Trans Retail Indonesia Plaza Medan Fair. Sedangkan Uji t atau parsial menunjukkan bahwa semua variabel bebas brand ambassador dan jingle iklan berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian. Hasil uji determinasi 0.629 atau 62,9%, sehingga dapat dikatakan bahwa 62,9% variasi variabel yaitu brand ambassador dan jingle iklan pada model dapat menjelaskan keputusan pembelian sedangkan sisanya sebesar 37,1% dipengaruhi oleh variabel lain diluar model.
Kata Kunci : brand ambassador, jingle iklan, kepetusuan pembelian