PENGARUH BRAND AWARENESS DAN PRICE DISCOUNT TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN (Studi Kasus Pada SMK Swasta Yaspenmas)
Oleh : Zahri Fadli
Diterbitkan di : BISMAN INFO
Volume : 7 No : 2 Juni 2020
Penerbit : Politeknik Unggul LP3M
ISSN : 2355-1500
Abstrak
Tujuan dalam penelitian ini untuk mengetahui pengaruh brand awareness dan price discount terhadap keputusan pembelian konsumen pada Pada SMK Swasta Yaspenmas. Populasi dalam penelitian yaitu konsumen Pada SMK Swasta Yaspenmas yang berjumlah 937 responden sedangkan teknik penentuan dengan accidental sampling dengan menggunakan rumus Slovin. Sehingga sampel dalam penelitian ini sebanyak 81 responden. Adapun sumber data dalam penelitian ini dari data primer dan data sekunder. Dimana data primer dari observasi, wawancara dan kuesioner. Sedangkan data sekunder dapat dari data yang sudah didokumentasikan. Sedangkan teknik analisa data yang digunakan yaitu analisa deskriptif dan regresi linier berganda.
Hasil analisis regresi linier berganda yaitu Y = 5,763 + 0,333X1 + 0,458X2 + e yang menjukkan brand awareness dan price discount berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian konsumen. Sedangkan hasil uji (t) atau uji parsial menunjukkan bahwa brand awareness berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian konsumen dimana dapat dilihat nilai t hitung 6,887 > t tabel 1,990 serta variabel price discount juga berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian konsumen dimana dapat dilihat nilai t hitung 7,605 > t tabel 1,990. Hasil koefisien determinasi dengan nilai regresi korelasi sebesar 0,782, artinya secara bersama-sama brand awareness dan price discount terhadap keputusan pembelian konsumen pada Pada SMK Swasta Yaspenmas memiliki kontribusi pada taraf yang kuat. Kemudian koefisien determinasi (R2) sebesar ,602 (60,2%). Sehingga dapat dikatakan bahwa 60,2% variasi variabel terikat yaitu Brand Awareness dan Price discount pada model dapat menjelaskan variabel Keputusan Pembelian pada SMK Swasta Yaspenmas sedangkan sisanya sebesar 39,8% dipengaruhi oleh variabel lain di luar model.
Kata Kunci : Brand Awareness, Price Discount, Keputusan Pembelian Konsumen