PENGARUH PROMOSI DAN HARGA TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN PADA PT. SUMBER ALFARIA TRIJAYA TBK
Oleh : Ahmad Fadli
Diterbitkan di : BISMAN INFO
Volume : 7 No : 1 Februari 2020
Penerbit : Politeknik Unggul LP3M
ISSN : 2355-1500
Abstrak
Sumber Alfaria Trijaya Tbk adalah perusahaan yang bergerak dalam bidang ritel. Tingginya angka persaingan membuat PT. Sumber Alfaria Trijaya Tbk terus berupaya meningkatkan kepuasan konsumennya. Salah satu upaya yang dilakukan melalui promosi dan harga yang ditawarkan kepada konsumen. Teori yang digunakan dalam penelitian ini yaitu teori manajemen pemasaran yang terkait dengan promosi, harga dan kepuasan konsumen yang bersumber dari buku dan jurnal relevan. Metode penelitian dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian yaitu karyawan PT. Sumber Alfaria Trijaya Tbk yang berjumlah 100 responden sedangkan teknik penentuan dengan accidental sampling. Sehingga sampel dalam penelitian ini sebanyak 100 responden. Adapun sumber data dalam penelitian ini dari data primer dan data sekunder. Dimana data primer dari observasi, wawancara dan kuesioner. Sedangkan data sekunder dapat dari data yang sudah didokumentasikan. Sedangkan teknik analisa data yang digunakan yaitu regresi linier berganda.
Hasil analisis regresi linier berganda yaitu Y = 3,097 + 0,255X1 + 0,372X2 + e yang menjukkan promosi dan harga berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan konsumen. Sedangkan hasil uji (t) atau uji parsial menunjukkan bahwa promosi berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan konsumen dimana dapat dilihat nilai t hitung 4,531 > t tabel 1,985 serta variabel harga juga berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan konsumen dimana dapat dilihat nilai t hitung 5,466 > t tabel 1,985. Hasil koefisien determinasi dengan nilai regresi korelasi sebesar 0,632 (63,2%). Sehingga dapat dikatakan bahwa 63,2% variasi variabel terikat yaitu promosi dan harga pada model dapat menjelaskan variabel kepuasan konsumen PT. Sumber Alfaria Trijaya Tbk sedangkan sisanya sebesar 36,7% dipengaruhi oleh variabel lain di luar model.