PENGARUH DISKON HARGA DAN LOYALITAS MEREK TERHADAP MINAT BELI KONSUMEN PRODUK KARTU PAKET TELKOMSEL (Studi Kasus Pada Siswa SMA N 1 Sei Lepan)
Oleh : Riastri Novianita, Zulia Rifda Daulay
Diterbitkan di : BISMAN INFO
Volume : 7 No : 3 September 2020
Penerbit : Politeknik Unggul LP3M
ISSN : 2355-1500
Abstrak
Perusahaan di era persaingan yang semakin kompetitif dituntut dapat memaksimalkan minat beli para konsumen. Permasalahan penelitian ini yaitu tingkat persaingan yang tajam diantara operator seluler, kartu paket Telkomsel tidak banyak memberikan diskon potongan harga, loyalitas konsumen dalam usia 15-18 tahun cenderung tidak loyal terhadap produk karu paket internet Telkomsel. Tujuan dalam penelitian ini untuk mengetahui pengaruh diskon harga dan loyalitas merek terhadap minat beli konsumen pada SMA Negeri 1 Sei Lepan. Metoda penelitian dalam penelitian ini yaitu deskriptif kuantitatif. Populasi dalam penelitian yaitu siswa/i SMA Negeri 1 Sei Lepan yang berjumlah 875 responden sedangkan teknik penentuan dengan insidental sampling. Sehingga sampel dalam peneltian ini berjumlah 88 responden. Teknik analisa data yang digunakan yaitu analisa deskriptif dan regresi linier berganda.
Hasil analisis regresi berganda yaitu Y = 5,467 + 0,476X1 + 0,430X2 + e yang menjukkan diskon harga dan loyalitas merek berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat beli konsumen. Sedangkan hasil uji (t) atau uji parsial menunjukkan bahwa diskon harga berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat beli konsumen serta variabel loyalitas merek juga berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat beli konsumen. Hasil koefisien determinasi 0,756 (75,6%). Sehingga dapat dikatakan bahwa 75,6% variasi variabel terikat yaitu Diskon Harga dan Loyalitas Merek pada model dapat menjelaskan variabel Minat Beli pada SMA Negeri 1 Sei Lepan sedangkan sisanya sebesar 24,4% dipengaruhi oleh variabel lain di luar model.
Kata Kunci : Diskon Harga, Loyalitas Merek, Minat Beli Konsumen