ANALISIS STRATEGI KOMUNIKASI MULTI LEVEL MARKETING DALAM MEMPROMOSIKAN PRODUK PADA PT. MELIA SEHAT SEJAHTERA MEDAN
Oleh : Ahmad Rivai
Diterbitkan di : BISMAN INFO
Volume : 7 No : 1 Februari 2020
Penerbit : Politeknik Unggul LP3M
ISSN : 2355-1500
Abstrak
Tujuan dalam penelitian ini yaitu untuk mengetahui peran strategi komunikasi terhadap promosi produk pada PT. Melia Sehat Sejahtera Medan. Perumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana pengaruh strategi komunikasi dan kompetensi kerja terhadap promosi produk pada PT. Melia Sehat Sejahtera Medan baik secara parsial maupun simultan. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori-teori yang berhubungan dengan Ilmu Manajemen yang berkaitan dengan Teori strategi komunikasi, kompetensi kerja dan promosi produk.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif, jenis penelitian ini deskriptif kuantitatif, dan sifat penelitian ini adalah deskriptif eksplanatory. Metode pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, daftar pertanyaan, dan studi dokumentasi. Metode analisis data yang digunakan adalah regresi linier berganda. Populasi dalam penelitian ini adalah karyawan pada PT. Melia Sehat Sejahtera Medan yang berjumlah 46 orang. Teknik pengambilan sampel dengan sampel jenuh. Sehingga sampel dalam penelitian ini berjumlah 46 responden.
Hasil penelitian pada hipotesis menunjukkan bahwa strategi komunikasi dan kompetensi kerja secara serempak maupun parsial menunjukkan pengaruh signifikan terhadap promosi produk dimana sebesar 0,611 (61,1%). Sehingga dapat dikatakan bahwa 61,1% variasi variabel terikat yaitu Strategi komunikasi dan Kompetensi kerja pada model dapat menjelaskan variabel Promosi produk PT. Melia Sehat Sejahtera Medan sedangkan sisanya sebesar 38,9% dipengaruhi oleh variabel lain di luar model.