PENGARUH HARGA TERHADAP PENJUALAN PRODUK CPF1 WINDOW FILM DI MEDAN
Oleh : Debora Tambunan
Diterbitkan di : BISMAN INFO
Volume : 7 No : 3 September 2020
Penerbit : Politeknik Unggul LP3M
ISSN : 2355-1500
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh harga terhadap penjualan. Populasi dalam penelitian ini adalah data penjualan periode tahun 2014 yang terdiri dari 12 bulan sedangkan teknik penentuan sampel dengan total sampling yang berarti populasi semua dapat dijadikan sampel penelitian yang berjumlah 12 bulan. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif berguna untuk menganalisis bagaimana suatu variabel mempengaruhi variabel lain, dan juga berguna pada penelitian yang bersifat eksperimen dimana variabel independennya diperlakukan secara terkendali oleh peneliti untuk melihat dampaknya pada variabel dependennya secara langsung.
Hasil analisis regresi sederhana yaitu Y = 2.535 – 78.123X yang menunjukkan bahwa harga memiliki pengaruh negatif terhadap penjualan. Sedangan hasil uji (t) atau uji parsial menunjukkan bahwa t hitung = -3.219 (n-2=12-2=10) < t table 1.812 kemudian koefisien determinasi sebesar 0,713, artinya harga mampu menjelaskan penjualan pada taraf yang erat dan positif. Kemudian koefisien determinasi (R2) sebesar 0,509 (50,9%). Sehingga dapat dikatakan bahwa 50,9 % variasi variabel terikat yaitu variabel harga dapat menjelaskan penjualan sedangkan sisanya sebesar 49,1 % dipengaruhi oleh variabel lain selain faktor harga.