PENGARUH PELAYANAN, FASILITAS DAN HARGA TERHADAP KETERTARIKAN PELANGGAN PADA CV. DOOR SMEER KINCLONG MEDAN
Oleh : Dewi Rafiah Pakpahan
Diterbitkan di : BISMAN INFO
Volume : 5 No : 3 Juni 2018
Penerbit : Politeknik Unggul LP3M
ISSN : 2355-1500
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pelayanan, fasilitas dan harga terhadap ketertarikan pelanggan pada CV. Door Smeer Kinclong Medan. Populasi dalam penelitian ini adalah pelanggan pada pada CV. Door Smeer Kinclong Medan yang berjumlah 50 orang sedangkan teknik penentuan sampel dengan sampel jenuh yang berarti populasi semua dapat dijadikan sampel penelitian yang berjumlah 50 orang.
Jenis penelitian ini merupakan penelitian kausal (causal), berguna untuk menganalisis bagaimana suatu variabel mempengaruhi variabel lain, dan juga berguna pada penelitian yang bersifat eksperimen dimana variabel independennya diperlakukan secara terkendali oleh peneliti untuk melihat dampaknya pada variabel dependennya secara langsung.
Hasil analisis regresi sederhana yaitu Y = 3.406 + 0,555X1 + 0,208X2 + 0,227X3 + e yang menjukkan bahwa pelayanan, fasilitas dan harga memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap ketertarikan pelanggan.Sedangan hasil uji (t) atau uji parsial menunjukkan bahwa pelayanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap ketertarikan pelanggan dimana dapat dilihat nilai t hitung 3.681 (n-4=50-4=46) > t tabel 1,678. Dan variabel fasilitas juga berpengaruh positif terhadap ketertarikan pelanggan dimana dapat dilihat nilai t hitung 1.763, > t tabel 1,678 sedangkan variabel harga berpengaruh positif terhadap ketertarikan pelanggan dimana nilai t hitung 1.828 > t tabel 1,678.
Hasil uji determinasi (R2) sebesar 0.761 (76,1%). Sehingga dapat dikatakan bahwa 76,1 % variasi variabel terikat yaitu pelayanan, fasilitas dan harga pada model dapat menjelaskan ketertarikan pelanggan sedangkan sisanya sebesar 23.9% dipengaruhi oleh variabel lain di luar model.
Kata Kunci : Pelayanan, Fasilitas, Harga, Ketertarikan Pelanggan