PENGARUH MOTIVASI KONSUMEN DAN SIKAP KONSUMEN TERHADAP PEMBELIAN PROPERTY PADA PT. MAJAINDO CITRA SWAKARSA
Oleh : Dewi Rafiah Pakpahan
Diterbitkan di : BISMAN INFO
Volume : 6 No : 2 Juni 2019
Penerbit : Politeknik Unggul LP3M
ISSN : 2355-1500
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pengaruh motivasi konsumen dan sikap konsumen terhadap pembelian Populasi dalam penelitian ini adalah pelanggan pada PT. Majaindo Citra Swakarsa yang berjumlah 50 orang sedangkan teknik penentuan sampel dengan sampel jenuh yang berarti populasi semua dapat dijadikan sampel penelitian yang berjumlah 50 orang.
Jenis penelitian ini merupakan penelitian kausal (causal), berguna untuk menganalisis bagaimana suatu variabel mempengaruhi variabel lain, dan juga berguna pada penelitian yang bersifat eksperimen dimana variabel independennya diperlakukan secara terkendali oleh peneliti untuk melihat dampaknya pada variabel dependennya secara langsung.
Hasil analisis regresi sederhana yaitu Y = 4,814 + 0,085X1 + 1,037X2+ e yang menjukkan bahwa motivasi konsumen dan sikap konsumen memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap pembelian. Sedangan hasil uji (t) atau uji parsial menunjukkan bahwa motivasi konsumen berpengaruh positif dan signifikan terhadap pembelian dimana dapat dilihat nilai signifikansi 0,006 < 0,05 serta variabel sikap konsumen berpengaruh positif dan signifikan terhadap pembelian dimana dapat dilihat nilai t hitung 8,608 > t tabel 1,677.
Hasil uji determinasi (R2) sebesar 0.706 atau (70,6%). Sehingga dapat dikatakan bahwa 70,6 % variasi variabel terikat yaitu motivasi konsumen dan sikap konsumen pada model dapat menjelaskan pembelian sedangkan sisanya sebesar 29,4 % dipengaruhi oleh variabel lain di luar model.
Kata Kunci : Motivasi Konsumen, Sikap Konsumen, Pembelian