PENGARUH BAURAN PEMASARAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN PADA CV. MERLIN JAYA SERVICE MEDAN
Oleh : Jhon Hardy
Diterbitkan di : BISMAN INFO
Volume : 4 No : 1 Februari 2017
Penerbit : Politeknik Unggul LP3M
ISSN : 2355-1500
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh produk, harga, promosi dan distribusi terhadap keputusan pembelian pada CV. Merlin Jaya Service Medan. Populasi dalam penelitian yaitu pelanggan pada CV. Merlin Jaya Service Medan yang berjumlah 100 orang. Sedangkan teknik pengambilan sampel sacara Non propability sampling dengan cara Accidental Sampling. Dengan teknik penentuan sampel bagi responden yaitu dengan metode peneliti menilai menentukan sampel dengan kebetulan ditemui oleh peneliti pada saat pengumpulan data. Cara Jadi sampel dalam penelitian ini yakni berjumlah 100 responden. Jenis penelitian yaitu penelitian kuantitatif. Penelitian kuantitatif atau penelitian kausal adalah penelitian yang ingin melihat apakah suatu variabel berperan sebagai variabel bebas berpengaruh terhadap variabel lain yang menjadi variabel terikat. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah uji validitas, reliabilitas, analisis regresi linier berganda, uji-t, uji-f, dan koefisien determinasi dengan menggunakan SPSS versi 20.
Berdasarkan hasil penelitian analisis regresi berganda yaitu Y = 2,2234 + 0,109X1 + 0,273X2 + 0,077X3 + 0,324X4 + e yang menujukan produk, harga, promosi dan distrisbusi berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian. Hasil uji parsial (uji-t) bahwa harga dan distribusi memiliki nilai signifikansi < taraf alpha 5% (0,05) yang berarti berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian pada pada CV. Merlin Jaya Service Medan. Sedangkan produk dan promosi tidak memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian pada CV. Merlin Jaya Service Medan dimana nilai signifikansi > taraf alpha 5% (0,05). Secara simultan (uji F) bahwa produk, harga, promosi dan distribusi berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian pada pada CV. Merlin Jaya Service Medan dimana nilai signifikansi 0,000. Dimana disyaratkan nilai signifikansi F lebih kecil dari 5% atau 0,05 atau nilai F hitung = 42,720 > F tabel 2,47. Kemudian nilai regresi korelasi sebesar 0,802, artinya secara bersama-sama produk, harga, promosi dan distribusi terhadap keputusan pembelian mampu menjelaskan pada taraf yang positif. Kemudian koefisien determinasi (R2) sebesar 0,643 (64,3%). Sehingga dapat dikatakan bahwa 64,3% variasi variabel terikat yaitu produk, harga, promosi dan distribusi pada model dapat menjelaskan keputusan pembelian sedangkan sisanya sebesar 35,7% dipengaruhi oleh variabel lain di luar model.
Kata Kunci : Produk, Harga, Promosi, Distribusi, Keputusan Pembelian