HASIL BELAJAR SISWA BERBASIS MEDIA GAMBAR PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA DI KELAS IV UPTD SD NEGERI 071015 ALO’OA
Oleh : Suryani Mendrofa
Diterbitkan di : BISMAN INFO
Volume : 8 No : 3 Desember 2021
Penerbit : Politeknik Unggul LP3M
ISSN : 2355-150X
Abstrak
Penelitian ini bertujuan mengetahui hasil belajar siswa sebelum menggunakan media gambar pada mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas IV UPTD SDNegeri 071015 Alo’oa. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan jenis penelitian quasi eskperimen. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas IV UPTD SDNegeri 071015 Alo’oayang berjumlah 30 siswa. Sampel yang digunakan adalah dua kelas yang terdiri atas satu kelas eksperimen (IVa) dengan jumlah siswa sebanyak 30 orang dan satu kelas kontrol (IVb) dengan jumlah siswa sebanyak 30 orang. Instrumen tes yang digunakan untuk mengetahui hasil belajar Bahasa Indonesia siswa adalah tes Pilihan berganda berupa post-test yang berjumlah 10 butir soal pilihan berganda. Hasil penelitian menunjukkan nilai rata-rata pretes kelas eksperimen 42,4 dan kelas kontrol 41,2 hasil uji t diperoleh thitung = 0,311 dan ttabel= 1,708 karena thitung< ttabel maka kedua sampel mempunyai kemampuan awal yang sama. Nilai rata-rata postes kelas eksperimen yaitu 76 dengan standar deviasi 12,24 dan kelas kontrol yaitu 67,6 dengan standart deviasi 12,67. Hasil nilai postes kelas eksperimen dan kelas kontrol diuji dengan menggunakan uji t satu pihak dan diperoleh hasil 2,780 > 1,708 yaitu thitung> ttabel pada taraf nyata 0,05 maka (Ha) diterima dan Ho ditolak, yang berarti ada pengaruh media gambarterhadap hasil belajar siswa pada materi pengumuman di kelas IV semester II di UPTD SDNegeri 071015 Alo’oa.