HASIL BELAJAR IPA KELAS IV BERBASIS TEAM GAMES TOURNAMENT (TGT) UPTP SDN 070974 GUNUNGSITOLI
Oleh : Yasmina Hulu
Diterbitkan di : BISMAN INFO
Volume : 8 No : 3 Desember 2021
Penerbit : Politeknik Unggul LP3M
ISSN : 2355-150X
Abstrak
Penelitian ini dilatar belakangi oleh akibat belajar siswa masih rendah pada mata pelajaran IPA kelasVI Sekolah Dasar Negeri 070974 Gunungsitoli. Kurangnya fariasi dalam proses pembelajaran IPA masih didominasi oleh ceramah serta penugasan secara individual. sehingga siswa kurang terlibat pada pembelajaran serta kurang antusias/tertarik. buat membentuk proses pembelajaran IPA menjadi lebih menyenangkan,siswa lebih semangat sertaaktif serta tercapainya tujuan pembelajaran, peneliti menerapkan strategi pembelajaran cooperativelearning tipe teamgames tour nament(TGT).Tujuan penelitian ini yaitu buat menaikkan hasil belajar IPA pada peserta didik kelas VI Sekolah Dasar Negeri 070974 Gunungsitoli Tahun Pelajaran 2020/2021. Penelitian ini artinya penelitian tindakan kelas mengaplikasikan contoh yg dikembangkan sang Suharsimi Arikunto. Penelitian dilaksanakan pada duasiklus,tiap siklus dilaksanakan dua kali pertemuan. Satusiklus terdiri berasal empat termin aktivitas,yaitu tahap perencanaan, tahap pelaksanaan, termin pengamatan, dan tahap refleksi.Subjek penelitian ini merupakan siswa kelasVI SD Negeri 070974 Gunungsitoli pada pembelajaran IPA semester gasal Tahun Pelajaran 2020/2021 yang berjumlah 20 siswa yang terdiri berasal 11putra serta 9 putri.Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, teshasil belajar dan dokumentasi. Instrumen penelitian yang dipergunakan yaitu lbr observasi kegiatan siswa pada menerapkans trategi pembelajaran cooperativelearning tipeteamgamestournament. Sedangkan buat akibat belajar siswa memakai lembar teshasil belajar yaitu berupa testertulis(pre-testdanpos-test).akibat penelitian memberikan bahwa hasil belajar siswa mengalami peningkatan berasal daur I sampai siklus II. pada siklus I yang akan terjadi belajar siswa yaitu66,66% serta pada daur II menjadi 83,33%. berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan seni manajemen pembelajaran cooperativelearning tipetimegamestournament dapat menaikkan akibat belajar siswa pada pembelajaran IPA kelasVI Sekolah Dasar Negeri 070974 Gunungsitoli.