• Home
  • Profil
    • Profil LP2M
    • Visi Misi
    • Tujuan
  • Informasi
    • Penelitian
    • Pengabdian
    • Hibah
  • Berita
  • Publikasi
  • Kontak
  • Download
LOGIN

lost password?

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Politeknik Unggul LP3M

Kontak

No. Kontak

085373741500

You are here:

Home | Publikasi | Abstrak

HASIL BELAJAR IPA KELAS IV BERBASIS TEAM GAMES TOURNAMENT (TGT) UPTP SDN 070974 GUNUNGSITOLI


Oleh : Yasmina Hulu
Diterbitkan di : BISMAN INFO
Volume : 8 No : 3 Desember 2021
Penerbit : Politeknik Unggul LP3M
ISSN : 2355-150X

Abstrak

Penelitian ini dilatar belakangi oleh akibat belajar siswa masih rendah pada mata pelajaran  IPA kelasVI Sekolah Dasar Negeri 070974 Gunungsitoli. Kurangnya fariasi dalam proses pembelajaran IPA masih didominasi oleh ceramah serta penugasan secara individual. sehingga siswa kurang terlibat pada pembelajaran serta kurang antusias/tertarik. buat membentuk proses pembelajaran IPA menjadi lebih menyenangkan,siswa lebih semangat  sertaaktif serta tercapainya tujuan pembelajaran, peneliti menerapkan strategi pembelajaran cooperativelearning tipe teamgames tour nament(TGT).Tujuan penelitian ini yaitu buat menaikkan  hasil belajar IPA pada peserta didik kelas  VI Sekolah Dasar Negeri 070974 Gunungsitoli Tahun Pelajaran 2020/2021. Penelitian ini artinya penelitian tindakan kelas mengaplikasikan contoh yg dikembangkan sang Suharsimi Arikunto. Penelitian dilaksanakan pada duasiklus,tiap siklus dilaksanakan dua kali pertemuan. Satusiklus terdiri berasal empat termin aktivitas,yaitu tahap perencanaan, tahap pelaksanaan, termin pengamatan, dan  tahap refleksi.Subjek penelitian ini merupakan siswa kelasVI SD Negeri 070974 Gunungsitoli pada pembelajaran IPA semester gasal  Tahun Pelajaran  2020/2021 yang berjumlah 20 siswa  yang terdiri  berasal 11putra serta 9 putri.Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, teshasil belajar dan  dokumentasi. Instrumen penelitian yang dipergunakan yaitu lbr observasi kegiatan siswa pada menerapkans trategi pembelajaran cooperativelearning tipeteamgamestournament. Sedangkan buat akibat belajar siswa memakai lembar teshasil belajar yaitu berupa testertulis(pre-testdanpos-test).akibat penelitian memberikan bahwa hasil belajar siswa mengalami peningkatan berasal daur I sampai siklus II. pada siklus I yang akan terjadi belajar siswa yaitu66,66% serta pada daur II menjadi 83,33%. berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan seni manajemen pembelajaran cooperativelearning tipetimegamestournament dapat menaikkan akibat belajar siswa pada pembelajaran IPA kelasVI Sekolah Dasar Negeri 070974 Gunungsitoli.

Kata Kunci :
Download

Testimoni Peneliti

Berita Terbaru


Alamat Kami

Jln. Iskandar Muda No. 3CDEF E-mail : info[at]lppm.politeknikunggul.ac.id Telepon: (061) 4155515

Link Cepat

  • Home
  • Berita
  • Galeri
  • Publikasi
  • Kontak
  • Download

Kunjungi Juga

  • Home
  • Ban PT Akreditasi
  • Kemdikbud
  • Simlitabmas

Hubungi Kami

  © 2018 Politeknik Unggul LP3M. All Rights Reserved

Halaman di render dalam waktu: 0.0575 detik