MODEL CONTEXTUAL TEACHING LEARNING DAN HASIL BELAJAR IPS PADA SISWA KELAS IV UPTD SD NEGERI 070978 GUNUNGSITOLI
Oleh : Masih Riang Halawa
Diterbitkan di : BISMAN INFO
Volume : 8 No : 3 Desember 2021
Penerbit : Politeknik Unggul LP3M
ISSN : 2355-150X
Abstrak
Penelitian ini menganalisis hasil belajar siswa bidang studi IPS dengan Contexteual Teaching Learning (CTL). Jenis yang digunakan dalam penelitian ini yaitu penelitian tindakan kelas yang berlangsung dalam dua siklus tindakan. Subjek penelitian merupakan siswa kelas IV UPTD SD Negeri 070978 Gunungsitoli yang berjumlah 30 siswa terdiri dari 13 siswa perempuan dan 17 siswa laki-laki. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu dengan tes dan observasi. Data yang terkumpul dan dianalisis secara deskriptif kualitatif untuk data observasi dan deskriptif kuantitatif untuk databes. Hasil menunjukkan bahwa hasil belajar mata pelajaran siswa kelas IV UPTP SDN 070978 Gunungsitoli bidang IPS pada siklus I dan siklus II terjadi peningkatan. Sebelum tindakan rata-rata nilainya 6.30 pada siklus I terjadi peningkatan rata-rata menajdi 6.78 setelah dilakukan siklus II meningkat menjadi 7.26.