HASIL BELAJAR SISWA BERBASIS POP UP BOOK PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS V UPTD SD NEGERI 074044 DAHANA BAWODESOLO
Oleh : OdilinaZega
Diterbitkan di : BISMAN INFO
Volume : 8 No : 3 Desember 2021
Penerbit : Politeknik Unggul LP3M
ISSN : 2355-150X
Abstrak
Penelitian ini bertujuan menganalisis Media Pop Up Book terhadap hasil belajar siswa dalam pelajran IPA pada kelas V di UPTP SDN 074044 Dahana Bawodesolo, dalam penelitian ini menggunakan populasi yaitu semua siswa kelas V yang berjulah 20 orang. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan eksperimen. Dan teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan tes soal pilihan ganda dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan Uji t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar IPA siswa kelas VA yang diajarkanmenggunakan media pembelajaran pop upbook lebih baik dari pada tanpa menggunakan media pop up book di UPTD SD Negeri 074044 Dahana Bawodesolo. Hal tersebut dibuktikan pada hasil posttest siswa kelas VA yang menggunakan media pop up book yaitu dalam kategori sedang dan tinggi sebanyak 16 orang siswa (80%) mendapatkan nilai 60 sampai 90 sedangkan hasil belajar kelas VB yang tidak menggunakan media pop up book sebanyak 15 orang siswa (75%) mendapatkan nilai 52,42 sampai 79,58. Dapat dibuktikan juga dengan hasil perhitungan Uji t yaitu thitung sebesar 4,00 dan nilai ttabel untuk df= 40 dengan taraf signifkan 5% adalah 2,021.Dari analisis tersebut diperoleh bahwa t hitung lebih besar dari t tabel(4,00>2,021).