IDENTIFIKASI BELAJAR DARI RUMAH ANAK USIA SEKOLAH DASAR PADA MASA PANDEMI COVID 19 UPTD SD NEGERI 071023 BO’USO
Oleh : Sadaria Zalukhu
Diterbitkan di : BISMAN INFO
Volume : 8 No : 3 Desember 2021
Penerbit : Politeknik Unggul LP3M
ISSN : 2355-150X
Abstrak
Penelitian ini bertujuan mengetahui faktor penyebab problematika penerapan belajar asal rumah anak usia Sekolah Dasar pada masa pandemi Covid-19 di UPTD Sekolah Dasar Negeri 071023 Bo’uso. Mengetahui solusi pada mengatasi problematika penerapan belajar berasal tempat tinggal anak usia SD pada masa pandemi Covid-19 UPTD Sekolah Dasar Negeri 071023 Bo’uso. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif naratif. Teknik yang dipergunakan pada penelitian ini adalah teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data pada penelitian ini mencakup reduksi data, penyajian data, dan penarikan konklusi. Pengecekan keabsahan data memakai triangulasi asal data. hasil penelitian ini menyimpulkan (1) pada proses pembelajaran asal tempat tinggal pengajar mengalami masalah atau hambatan pertama, persoalan berkaitan menggunakan kompetensi pengajar, kedua, problem perbedaan taraf pemahaman siswa, ketiga, konflik orang tua yang tidak mempunyai android, keempat kurangnya kerjasama orang tua dan siswa, kelima keterbatasan sarana serta prasarana; (2) Solusi yg buat menuntaskan permasalahan yg muncul di waktu pembelajaran dari rumah adalah pertama, menaikkan kompetensi guru menggunakan/mengoperasionalkan teknologi, ke 2 memberi bimbingan atau pendampingan anak secara gerombolan atau individual, ketiga mengadakan penyuluhan kepada wali siswa tentang pentingnya penggunaan android, keempat memberikan pengertian pada orang tua tentang pentingnya kerjasama orang tua dan peserta didik.