PRESTASI BELAJAR SISWA BERBASIS GAYA BELAJAR VISUAL, AUDIOTORI DAN KINESTETIK SISWA
Oleh : Sanueli Bate'e
Diterbitkan di : BISMAN INFO
Volume : 8 No : 3 Desember 2021
Penerbit : Politeknik Unggul LP3M
ISSN : 2355-150X
Abstrak
Penelitian ini bertujuan: (1) untuk mengetahui bentuk gaya belajar Visual peserta didik dalan pengembangan prestasi belajar peserta didik di mata pelajaran IPA di SMP Negeri dua Gunungsitoli Idanoi. (dua) buat mengetahui bentuk gaya belajar audiotori siswa dalan pengembangan prestasi belajar peserta didik di mata pelajaran IPA di Sekolah Menengah Pertama Negeri 2 Gunungsitoli Idanoi. (3) buat mengetahui bentuk gaya belajar kinestetik siswa dalan pengembangan prestasi belajar peserta didik pada mata pelajaran IPA di Sekolah Menengah Pertama Negeri dua Gunungsitoli Idanoi.(4) untuk mengetahui hasil belajar visual, audiotori, dan kinestetik dalam mengembangkan prestasi belajar peserta didik di SMP Negeri 2 Gunungsitoli Idanoi. Rancangan dalam penelitian ini, peneliti menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode pengumpulan data berupa wawancara, observasi, dan dokumentasi. Penelitian ini dilakukan pada SMP Negeri dua Gunungsitoli Idanoi dengan subjek penelitian peserta didik kelas VIII-A berjumlah 32 peserta didik. hasil penelitian dalam rumusan persoalan pertama yaitu bentuk gaya belajar visual dalam pengembangan prestasi belajar pada mata pelajaran IPA pada Sekolah Menengah Pertama Negeri dua Gunungsitoli Idanoi menggunakan materi pelaku ekonomi diantaranya: (1) belajar menggunakan memakai papan tulis dan LCD, (2) belajar menggunakan meringkas materi yg telah disampaikan, (3) belajar menggunakan melihat video. hasil penelitian pada rumusan masalah kedua yaitu bentuk gaya belajar audiotori peserta didik pada pengembangan mata pelajaran IPA pada Sekolah Menengah Pertama Negeri dua Gunungsitoli Idanoi yaitu: (1) belajar menggunakan diskusi beserta, (2) belajar sambil mendengarkan musik. yang akan terjadi penelitian dalam rumusan problem ketiga yaitu bentuk gaya belajar peserta didik yg mempunyai gaya belajar kinestetik ialah: (1) belajar menggunakan memakai bahasa tubuh (2) membaca sambil berjalan. guru membuatkan gaya belajar kinestetik peserta didik dengan mengamati lingkungan sekitar serta dikaitkan menggunakan materi pelajaran IPA. Gaya belajar kinestetik juga bisa berbagi prestasi belajar siswa khususnya di mata pelajaran IPA. hasil penelitian dalam rumusan dilema ketiga yaitu akibat asal gaya belajar visual, audiotori serta kinestetik masing-masing siswa mempunyai nilai yang baik di gaya belajar yg cenderung dimiliki sang masing-masing peserta didik tadi. siswa yg cenderung mempunyai gaya belajar visual memiliki nilai yg baik di ketika guru menerapkan/memakai gaya belajar visual (menggunkan LCD serta papan tulis) di saat proses belajar mengajar. Begitupun, Jika pengajar menggunakan gaya belajar audiotori (metode diskusi) peserta didik yang cenderung mempunyai gaya belajar audiotori menerima nilai yg baik dibandingkan waktu guru memakai gaya belajar lainnya. Sama halnya menggunakan peserta didik yang cenderung memiliki gaya belajar kinestetik, nilai yg siswa dapatkan ketika pengajar menggunakan gaya belajar kinestetik pada materi yg sedang dipelajari bisa membantu mengembangkan prestasi belajar siswa khususnya pada mata pelajaran IPA. Jika ditarik kesimpulan masing-masing gaya belajar siswa baik gaya belajar visual, audiotori dan kinestetik bisa membantu berbagi prestasi belajar peserta didik, Jika guru mampu menempatkan gaya belajar tersebut sesuai pada materi yang tengah dipelajari oleh peserta didik, agar peserta didik mampu mengembangkan prestasi belajar di mata pelajaran IPA.