ANALISIS SISTEM PENGGAJIAN MARKETING PADA PT. MULTI TOP INDONESIA
Oleh : Nirmalasari
Diterbitkan di : BISMAN INFO
Volume : 9 No : 1 Februari 2022
Penerbit : Politeknik Unggul LP3M
ISSN : 2355-150X
Abstrak
Penelitian ini dilatar belakangi bahwa pentingnya proses penggajian pada PT. Multi Top Indonesia. Gaji merupakan salah satu upaya yang ditempuh PT. Multi Top Indonesia untuk mendapatkan kualitas sumber daya manusia yang kompeten. Besar kecilnya gaji mencerminkan ukuran nilai prestasi yang dimiliki dan akan membawa pengaruh positif terhadap semangat kerja marketing. Sehingga penggajian harus dirancang sesuai dengan sistem dan prosedur yang telah ditentukan oleh PT. Multi Top Indonesia. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui Sistem Penggajian Marketing Pada PT. Multi Top Indonesia . Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif. Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah primer dan sekunder. Pengumpulan data yang dilakukan dengan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sistem penggajian pada PT. Multi Top Indonesia sudah cukup baik. Pada sistem penggajian marketing menggunakan sistem komputerisasi yang dianggap lebih efektif. Perhitungan komisi marketing meliputi dari penjualan, serta bonus, selanjutnya dikurangi dengan potongan pinjaman.
Kata Kunci : Sistem Penggajian, PT. Multi Top Indonesia.