IMPLEMENTASI SISTEM AKUNTANSI PENJUALAN TUNAI PADA TOKO BANGUN MEDAN
Oleh : Zakia Fadila
Diterbitkan di : BISMAN INFO
Volume : 9 No : 1 Februari 2022
Penerbit : Politeknik Unggul LP3M
ISSN : 2355-150X
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mengetahui Sistem Akuntansi Penjualan Tunai yang diterapkan pada Toko Bangun, (2) Mengetahui Implementasi Sistem Akuntansi Penjualan Tunai yang diterapkan pada Toko Bangun. Subjek penelitian adalah Toko Bangun dan objek penelitian ini adalah sistem akuntansi penjualan tunai. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik wawancara, teknik observasi, dan teknik dokumentasi. Adapun metode yang digunakan untuk menganalisis data adalah dengan metode analisis deskriptif kualitatif yaitu dengan membandingkan antara teori yang ada dengan kenyataan sebenarnya pada Toko Bangun dan disajikan dalam bentuk uraian. Hasil penelitian menunjukkan : (1) Sistem Penjualan Tunai pada Toko Bangun sudah cukup baik, ditunjukkan dengan adanya: a) Bagian yang terkait : Bagian marketing, Kas, pengemasan, Pengiriman, dan Bagian Keuangan, b) dokumen yang digunakan: FPT, Kuintansi, Nota Pengiriman, BSB, RHPP, c) catatan akuntansi: Jurnal Umum, JPK, Kartu gudang, Kartu Persediaan, d) pelaksanaan prosedur penjualan tunai: Order Penjualan, Penerimaan Kas, Penyerahan Barang, Pencatatan Penjualan Tunai, Penyetoran Kas ke Bank, Pencatatan Penerimaan Kas, Pencatatan HPP. Sistem Pengendalian Intern penjualan tunai pada Toko Bangun sudah berjalan dengan baik ditandai dengan struktur organisasi yang memisahkan tanggungjawab secara tegas, sistem wewenang dan prosedur pencatatan yang dilakukan secara baik, Praktik yang sehat dalam melaksanakan tugas dan fungsi setiap unit organisasi, karyawan yang mutunya sesuai dengan tanggung jawabnya sudah diterapkan oleh CV Toko Bangun .(2) Hasil evaluasi sistem akuntansi penjualan tunai pada Toko Bangun sudah cukup baik namun masih ada kekurangan yaitu pemilik perusahaan masih bertindak sebagai bagian marketing yang membantu menerima order dari pembeli, sehingga otorisasi untuk bagian marketing tidak hanya dilakukan oleh satu orang saja. Untuk dokumen dan catatan yang digunakan telah sesuai dengan kebutuhan perusahaan, meskipun penggunaan dokumen perusahaan belum bernomor urut tercetak.
Kata Kunci : Implementasi, Sistem Akuntansi, Penjualan