PENGARUH MEDIA SOSIAL DAN AKREDITASI TERHADAP KEPUTUSAN MEMILIH KULIAH DI STIE MUHAMMADIYAH ASAHAN
Oleh : Supiah Ningsih
Diterbitkan di : BISMAN INFO
Volume : 9 No : 1 Februari 2022
Penerbit : Politeknik Unggul LP3M
ISSN : 2355-150X
Abstrak
Tujuan dalam penelitian ini untuk mengetahui pengaruh media sosial dan akreditasi terhadap keputusan memilih kuliah pada STIE Muhammadiyah Asahan. Metode dalam penelitian ini yaitu kuantitatif. Populasi dalam penelitian yaitu mahasiswa pada STIE Muhammadiyah Asahan yang berjumlah 112 responden sedangkan teknik penentuan dengan Non propability sampling dengan cara sampel jenuh. Adapun sumber data dalam penelitian ini dari data primer dan data sekunder. Sedangkan teknik analisa data yang digunakan yaitu analisis regresi linier berganda. Hasil uji (t) atau uji parsial menunjukkan bahwa media sosial berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan memilih kuliah dimana dapat dilihat nilai t hitung 2,776 > t tabel 1,987 dan variabel akreditasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan memilih kuliah dimana dapat dilihat nilai t hitung 3,562 > t tabel 1,988. Kemudian secara simultan nilai Fhitung = 37,244 > Ftabel 3,17. Sehingga media sosial dan akreditasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan memilih kuliah pada STIE Muhammadiyah Asahan.
Kata Kunci : Media sosial, Akreditasi, Keputusan memilih kuliah