HUBUNGAN LINGKUNGAN SEKOLAH DENGAN MOTIVASI BELAJAR DI UPTD SEKOLAH DASAR NEGERI 071008 GADA
Oleh : AGUSYAMAN ZEBUA
Diterbitkan di : BISMAN INFO
Volume : 8 No : 2 September 2021
Penerbit : Politeknik Unggul LP3M
ISSN : 2355-150X
Abstrak
Penelitian ini dilakukan diUPTD Sekolah Dasar Negeri 071008. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis deskriptif, analisis korelasi, analisis regresi sederhana, dan analisis koefisiensi determinan, sedangkan uji hipotesis menggunakan uji normalitas dan uji linieritas.Berdasarkan hasil penelitian, lingkungan sekolah dan motivasi belajar murid secara umum berada pada kategori tinggi dengan presentse lingkungan sekolah 86% dan motivasi belajar 60%. Hubungan lingkungan sekolah dan motivasi belajar di gambarkan dengan persamaan y=-6,463 + 1,186 x. Persamaan tersebut terlihat bahwa nilai konstanta adalah -6,463: artinya jika lingkungan sekolah (x) nilainya adalah 0, maka nilai motivasi belajar sebesar -6,463.Dapat disimpulkan bahwa antara lingkungan sekolah dengan motivasi belajar mempunyai hubungan yang positif dan signifikan. Hasil penelitian ini diharapkan dapat bermanfaat bagi murid, guru, dan kepala sekolah. Saran yang diajukan ialah hendaknya lingkungan sekolah diciptakan secara aman dan nyaman agar hasil belajar murid menjadi optimal.