HUBUNGAN MOTIVASI BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR SISWA UPTD SMPN 2 DHARMA CARAKA GUNUNGSITOLI SELATAN
Oleh : Annalis Daely
Diterbitkan di : BISMAN INFO
Volume : 8 No : 2 September 2021
Penerbit : Politeknik Unggul LP3M
ISSN : 2355-150X
Abstrak
Penelitian menganalisishubungan motivasi belajar dengan hasil belajar siswa UPTD SMPN 2 Dharma Caraka Gunungsitoli Selatan dan untuk mengetahui seberapa besar hubungan motivasi belajar dengan hasil belajar siswa UPTD SMPN 2 Dharma Caraka Gunungsitoli Selatan.Ada 2 (dua) variabel yang dikaji dalam penelitian ini, yaitu motivasi belajar sebagai variabel bebas dengan indikator cita-cita/ aspirasi, kemampuan siswa, kondisi jasmani dan rohani siswa, kondisi lingkungan kelas, unsur dinamis belajar dan upaya guru membelajarkan siswa. Kemudian Hasil Belajar sebagai variabel terikat dengan indikator informasi verbal, keterampilan kognitif, keterampilan intelek, keterampilan motorik dan sikap. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket (kuesioner), dokumentasi dan observasi. Data yang dikumpulkan dianalisis dengan teknik deskriptif persentase dan analisis regresi linier sederhana.Berdasarkan hasil penelitian di atas, dapat diambil kesimpulan bahwa ada hubungan yang signifikan motivasi belajar dengan hasil belajar siswa UPTD SMPN 2 Dharma Caraka Gunungsitoli Selatan.