ANALISIS MOTIVASI BELAJAR DAN PERHATIAN ORANG TUA DENGAN KESIAPAN BELAJAR SISWA UPTD SDN 078453 GAWU-GAWU BOUSO
Oleh : Murniati Zega
Diterbitkan di : BISMAN INFO
Volume : 8 No : 2 September 2021
Penerbit : Politeknik Unggul LP3M
ISSN : 2355-150X
Abstrak
Penelitian ini menganalisis hubungan antara motivasi belajar dan perhatian orang tua dengan kesiapan belajar siswa kelas V SDN 078453 Gawu-Gawu Bouso.Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SDN 078453 Gawu-Gawu Bouso. Objek penelitian ini adalah motivasi belajar, perhatian orang tua dan kesiapan belajar siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan expostfacto. Penelitian ini meneliti populasi yaitu seluruh siswa kelas V SDN 078453 Gawu-Gawu Bouso. Data diperoleh melalui daftar skala motivasi belajar, perhatian orang tua dan kesiapan belajar siswa. Penelitian ini menggunakan statistik non parametris, dan merupakan penelitian populasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan uji hipotesis (korelasi product moment). Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada tingkat kesalahan 5%, besarnya korelasi antara motivasi belajar dan perhatian orang tua terhadap kesiapan belajar (rhitung) sebesar 0,674 dengan rtabel sebesar 0,324. Karena rhitung ≥ rtabel maka dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang positif antara motivasi belajar dan perhatian orang tua secara bersama-sama dengan kesiapan belajar siswa.
Kata Kunci : Motivasi belajar, Perhatian orang tua dan Kesiapan belajar