PSYCHOLINGUISTIC ANALYSIS: THE INFLUENCE OF THE USING PUPPET FINGER AS A MEDIA TO INCREASE THE CHILD'S VOCABULLARY AT TK ATTAQY CLASS B JALAN TANGGUK BONGKAR X NO.15 MEDAN
Oleh : Selfitrida A. Yani
Diterbitkan di : BISMAN INFO
Volume : 9 No : 2 Juni 2022
Penerbit : Politeknik Unggul LP3M
ISSN : 2355-150X
Abstrak
Tujuan penelitian ini adalah untuk memperoleh gambaran empirik mengenai pengaruh Pemberian Dongeng dengan Boneka Tangan terhadap Kemampuan Berbahasa Inggris anak dari status sosial ekonomi rendah pada siswa TK B Attaqy di Medan. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa TK B Attaqy dengan karakteristik berusia 5- 6 tahun (usia prasekolah), Siswa TK B yang mendapatkan treatment merupakan siswa yang berasal dari keluarga dengan status sosial ekonomi rendah, siswa TK B yang mempunyai taraf intelegensi average, siswa TK B yang baru pertama kali mengikuti kegiatan pemberian dongeng dengan boneka tangan di TK Attaqy. Metode penelitian yang digunakan adalah Quassi experimental dengan desain One-Group Pretest-Posttest Design, sedangkan teknik statistik yang digunakan adalah uji-t (t-test). Berdasarkan hasil perhitungan diperoleh harga t hitung = -13,336, t tabel dengan α = 0,05 dan dk = 15: 1,76. Simpulannya adalah pemberian dongeng dengan boneka tangan memiliki pengaruh terhadap kemampuan berbahasa Indonesia anak dari status sosial ekonomi rendah pada siswa TK Attaqy di Medan
Kata Kunci : dongeng, boneka tangan, kemampuan berbahasa Inggris