EVALUASI DAMPAK IKLAN LAYANAN MASYARAKAT TENTANG ANJURAN MEMBAYAR PAJAK MELALUI TVRI SUMUT
Oleh : Cahyoginarti, Rehulina Bangun, Ratna, Adhi Surya Harahap, Lina Arliana Nurkadim
Diterbitkan di : BISMAN INFO
Volume : 9 No : 3 Oktober 2022
Penerbit : Politeknik Unggul LP3M
ISSN : 2355-150X
Abstrak
Pajak menjadi komponen utama dalam pendapatan negara atau pendapatan daerah. secara umum efek iklan layanan masyarakat tentang anjuran membayar pajak yang dilakukan Dinas Pendapatan Daerah Kota Medan masih belum optimal, karena iklan pajak tersebut hanya ditujukan kepada para pengusaha saja sehingga efek yang timbul pada masyarakat hanya berupa efek kognitif sedangkan pada efek afektif dan behavioral kurang begitu efektif. Seharusnya iklan pajak tersebut ditujukan kepada semua lapisan masyarakat yang sifatnya personal tidak hanya di khususkan bagi pengusaha saja. Selain itu dalam pembuatan iklan harus dibuat semenarik mungkin salah satunya isi pesan yang disampaikan harus berupa edukasi dengan menggunakan cara yang santun, komunikatif dan informatif agar dapat mendidik masyarakat untuk tetap taat dalam membayar pajak guna mencapai kesejahteraan bersama
Kata Kunci : Iklan Layanan Masyarakat, Pajak Daerah