PENGARUH HARGA DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP LOYALITAS KONSUMEN (STUDI KASUS MENGGUNAKAN JASA PENGIRIMAN JNE)
Oleh : Royen Julianto Tampubolon
Diterbitkan di : BISMAN INFO
Volume : 10 No : 2 Agustus 2023
Penerbit : Politeknik Unggul LP3M
ISSN : 2355-150X
Abstrak
Pelayanan adalah kunci keberhasilan dalam berbagai usaha pada kegiatan yang sifatnya pemberi jasa. Peranan pelayanan akan lebih besar dan menentukan jika pada kegiatan jasa tersebut bersaing dalam persaingan pasar dan dapat menarik pelanggan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh harga dankualitas pelayanan terhadap loyalitas konsumen menggunakan jasa JNE. Penelitian ini merupakan studi kasus dengan metode kualitatif. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer yang dikumpulkan melalui kuesioner.Pelanggan yang merasa puas secara tidak langsung akan menciptakan loyalitas dan mendorong terjadinya rekomendasi dari mulut ke mulut maupun melalui media sosial lain yang dapat memperbaiki citra perusahaan dimata pelanggan. Oleh karena itu, kualitas pelayanan menjadi fokus utama yang harus diperhatikan perusahaan. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa harga dan kualitas pelayanan berpengaruh terhadap loyalitas pelanggan.
Kata Kunci : Harga, Kualitas Pelayana dan Loyalitas Konsumen