PERKEMBANGAN TEKNOLOGI DIGITAL PADA STRATEGI PEMASARAN SERTA MINAT PELANGGAN PADA JNE KOTA MEDAN
Oleh : Andreas HP Pane
Diterbitkan di : BISMAN INFO
Volume : 10 No : 2 Agustus 2023
Penerbit : Politeknik Unggul LP3M
ISSN : 2355-150X
Abstrak
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peran pertukaran pemasaran digital dan pemasaran tradisional sebagai kunci strategi pemasaran dan bauran pemasaran JNE Kota Medan. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan studi kasus JNE Kota Medan, Hasil penelitian ini menemukan peran signifikan teknologi digital dalam mendukung kinerja perusahaan JNE Kota Medan untuk menerapkan produknya baik online maupun offline. Pemasaran digital sebagai konsep dan perspektif baru menggantikan peran pemasaran tradisional dengan menyeimbangkan aktivitas online dan offline. Pertukaran peran pemasaran digital dan pemasaran tradisional menunjukkan pergeseran dalam strategi pemasaran, dari segmentasi dan penargetan ke konfirmasi komunitas pelanggan, pemosisian & diferensiasi merek ke klarifikasi karakter dan kodifikasi merek, bauran pemasaran taktis (produk, tempat, harga & promosi) ke terhubung bauran pemasaran (kreasi bersama, aktivasi komunal, mata uang & percakapan).Hasil penelitian menunjukan bahwa JNE Kota Medan menggunakan tiga macam strategi penetapan harga, strategi penetapan harga yang telah dilakukan oleh JNE Kota Medan adalah meningkatkan minat pelanggan untuk menggunakan jasa pengiriman barang di JNE Kota Medan
Kata Kunci : Strategi, Teknologi Digital, Minat Pelanggan