PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN KLAIM ASURANSI KECELAKAAN LALU LINTAS JALAN RAYA TERHADAP KEPUASAN NASABAH PT. JASA RAHARJA MEDAN
Oleh : Nadia Syahfitri Tanjung
Diterbitkan di : BISMAN INFO
Volume : 10 No : 3 Desember 2023
Penerbit : Politeknik Unggul LP3M
ISSN : 2355-150X
Abstrak
Jasa Raharja merupakan intansi pemerintah yang bergerak dibidang asuransi masyarakat. Adapun Tugas dan tanggung jawabnya adalah melakukan pemupukan dana melalui iuran dan sumbangan wajib untuk selanjutnya disalurkan kembali melalui santunan jasa raharja kepada korban atau ahli waris korban kecelakaan lalu lintas di jalan raya. Penelitian ini dilakukan dikantor PT Jasa Raharja Kota Medan Adapun metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif yaitu dengan menggunakan kuesioner sebagai alat pengukur data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keseluruhan data dari jawaban seluruh responden berada pada kategori jawaban “sangat setuju” dengan total rata-rata dari keseluruhan jumlah responden yang memberikan jawabannya adalah sebanyak 42 orang Masyarakat atau jika di persentasekan yang mencapai jumlah 77% dari total keseluruhan jumlah responden atau dimana persentasenya mencapai angka 100% Responden. Adapun faktor penghambat yang di alami olehpt. jasa raharja dalam meningkatkan kualitas pelayanan dibidang klaim asurasi kecelakaan lalu lintas di kota pekanbaru adalah PT. Jasa Raharja tidak mendapatkan informasi apapun terkait dengan kecelakaan yang terjadi, Kurangnya kesadaran masyarakat dalam tertib berlalu lintas dan Kurangnya kesadaran masyarakat terkait pentingnya melakukan asuransi kecelakaan.
Kata Kunci : Kualitas Pelayanan, Klaim Asuransi ,Kepuasan Nasabah