ANALISIS STRATEGI PEMASARAN DALAM MENINGKATKAN VOLUME PENJUALAN SEMBAKO PADA TOKO GROSIR BATUBARA SERBELAWAN KAB.SIMALNGUN
Oleh : Muhammad Rezadim
Diterbitkan di : BISMAN INFO
Volume : 10 No : 3 Desember 2023
Penerbit : Politeknik Unggul LP3M
ISSN : 2355-150X
Abstrak
Penelitian ini mengkaji tentang peranan manajemen strategi pemasaran dalam meningkatkan volume penjualan sembako pada Toko Grosir Batubara, Jenis penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif deskriptif dengan teknik wawancara, dan dokumentasi dilakukan untuk mendapatkan data dari Pemilik Toko Grosir. Fokus Penelitian ini adalah bagaimana penerapan manajemen startegi pemasaran untuk meningkatkan volume penjualan di Toko Grosir Batubara. Hasil peneltiian menunjukkan bahwa manajemen startegi pemasaran yang meliputi 1). Segmentasi, 2). Targeting, 3). Positioning dan 4) Marketing Mix. Hasil di atas disimpulkan sebagai beriku: penerapan strategi pemasaran dalam meningkatkan volume penjualan saat ini sudah optimal pada komponen segmentasi, targeting, positioning, dan marketing mix, sehingga mampu meningkatkan pendapatan toko grosir.