ANALISIS PENGARUH PEOPLE HARGA DAN TEMPAT TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN PADA RM UMMI CAHAYA
Oleh : Ahmad Syahyudi
Diterbitkan di : BISMAN INFO
Volume : 10 No : 3 Desember 2023
Penerbit : Politeknik Unggul LP3M
ISSN : 2355-150X
Abstrak
Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui seberapa besar pengaruh People (X1) Harga (X2), dan Lokasi(X3 ) Terhadap Keputusan Pembelian (Y) di RM Ummi Cahaya. Penelitian ini merupakan penelitian yang menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah keseluruhan konsumen di rumah makan ummi cahaya. Besarnya sampel yang diambil adalah 10% dari populasi yaitu 75 orang. Pengumpulan data menggunakan teknik observasi, kuisioner dan wawancara. Metode analisis yang dipergunakan yaitu analisis linier berganda dengan menggunakan SPSS. Hasil penelitian membuktikan bahwa nilai F hitung lebih besar dari pada F tabel atau (153.791 > 2.73). Dengan demikian hipotesa yang menyatakan bahwa ada pengaruh positif dan signifikan variabel People, Harga dan Lokasi secara bersama-sama terhadap keputusan pembelian dapat diterima. Adapun besarnya koefisien determinasi variabel secara simultan (r2 ) diperoleh 66,3%. Sedangkan sisanya 33,7% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak dibahas didalam penelitian ini. Hasil Uji T-test membuktikan bahwa ada pengaruh positif dan signifikan People terhadap keputusan pembelian dengan nilai signifikan (0.002) < nilai sig 0.05. Variabel Harga menunjukan Tidak ada pengaruh yang signifikan terhadap keputusan pembelian dengan nilai signifikan (0.180) > nilai sig 0.05.Sedangkan variabel Lokasi menunjukanada pengaruh positif signifikan terhadap keputusan pembelian dengan nilai signifikan (0.000) < nilai sig 0.05. Dapat diketahui bahwa Lokasi dan People memiliki pengaruh yang dominan terhadap keputusan pembelian, maka Rumah makan Ummi Cahaya perlu mempertahankan kualitas pelayanan agar Konsumen Puas terhadap pelayanan di rumah makan ummi cahaya. Sedangkan Variabel Harga menunjukan Tidak terdapat pengaruh terhadap keputusan pembelian, maka untuk masa akan datang Rumah makan Ummi cahaya perlu memperhatikan Harga yang sesuai dengan keinginan konsumen.
Kata Kunci : People, Harga, Tempat, Keputusan pembelian