PENGARUH PENGEMBANGAN PRODUK DAN SALURAN DISTRIBUSI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA PT. SINAR PRIMA LESTARI JAYA MEDAN
Oleh : Nasib, Putri Aptrida Yanti
Diterbitkan di : BISMAN INFO
Volume : 4 No : 2 Juni 2017
Penerbit : Politeknik Unggul LP3M
ISSN : 2355-1500
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pengembangan produk dan saluran distribusi terhadap keputusan pembelian pelanggan. Populasi dalam penelitian ini adalah pelanggan pada PT. Sinar Prima Lestari Jaya Medan yang berjumlah 40 orang sedangkan teknik penentuan sampel dengan sampel jenuh yang berarti semua populasi dapat dijadikan sampel penelitian yang berjumlah 40 orang. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kausal (causal), berguna untuk menganalisis bagaimana suatu variabel mempengaruhi variabel lain, dan juga berguna pada penelitian yang bersifat eksperimen dimana variabel independennya diperlakukan secara terkendali oleh peneliti untuk melihat dampaknya pada variabel dependennya secara langsung.
Hasil analisis regresi sederhana yaitu Y = 2.535 + 0,338X1 + 0,266X2 yang menjukkan bahwa pengembangan produk dan saluran distribusi memiliki pengaruh positif dan signifikan Sedangan hasil uji (t) atau uji parsial menunjukkan bahwa pengembangan produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian dimana dapat dilihat nilai t hitung 5,404 > t tabel 1,687 serta variabel saluran distribusi juga berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian dimana dapat dilihat nilai t hitung 3.794 > t tabel 1,687. Hasil uji determinasi (R2) sebesar 0.575 (57,5%). Sehingga dapat dikatakan bahwa 57.5 % variasi variabel terikat yaitu pengembangan produk dan saluran distribusi pada model dapat menjelaskan keputusan pembelian sedangkan sisanya sebesar 42,5 % dipengaruhi oleh variabel lain di luar model.
Kata Kunci : Pengembangan Produk, Saluran Distribusi, Keputusan Pembelian