PENGARUH PEMASARAN DIGITAL DALAM MENINGKATKAN PELAYANAN DAN EFISIENSI DI TERMINAL KARGO BANDARA SOEKARNO HATTA
Oleh : Markus Vernando Pardosi
Diterbitkan di : BISMAN INFO
Volume : 10 No : 3 Desember 2023
Penerbit : Politeknik Unggul LP3M
ISSN : 2355-150X
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh faktor pemasaran digital terhadap pelayanan dan Efisiensi di terminal Kargo Bandara Soekarno Hatta. Data penelitian ini diperoleh dari metode penyajian data dari hasil tanggapan responden (kuesioner), dalam hal ini data primer bersumber pelanggan dan petugas bongkar muat barang di terminal kargo Bandara Soekarno Hatta. Analisis statistik yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi sederhana dengan menggunakan SPSS ver. 19. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa seluruh variabel baik itu pemasaran digital berpengaruh positif dan signifikan terhadap pelayanan serta pemasaran digital berpengaruh positif dan signifikan terhadap efisiensi sedangkan menurut uji koefisien determinant menghasilkan 69% dan 11% sedangkan sisanya sebesar 31% dan 89% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.
Kata Kunci : Pemasaran Digital,Pelayanan dan Efisiensi