ANALISIS PENGARUH KUALITAS JASA PERBANKAN TERHADAP KEPUASAN NASABAH PADA PT.BANK MANDIRI SYARIAH
Oleh : Sabaruddin Chaniago
Diterbitkan di : BISMAN INFO
Volume : 4 No : 2 Juni 2017
Penerbit : Politeknik Unggul LP3M
ISSN : 2355-1500
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh secara simultan maupun parsial antara variabel dimensi kualitas jasa perbankan yang terdiri dari efektivitas dan jaminan, akses, harga, keterwujudan, portofolio jasa, dan keterhandalan terhadap kepuasan nasabah pada PT. Bank Mandiri Syariah Medan Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh nasabah pada PT. Bank Mandiri Syariah Medan. Teknik pengumpulan data dengan melakukan penyebaran kuesioner kepada sejumlah nasabah yang menjadi sampel pada penelitian sebanyak 100 responden. Teknik analisis data yang digunakan ialah uji validitas, reliabilitas, normalitas, regresi linier berganda, koefisien determinan, dan uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara simultan semua variabel dimensi kualitas jasa perbankan berpengaruh signifikan terhadap kepuasan nasabah dan secara parsial variabel keterwujudan dan variabel keterhandalan yang berpengaruh signifikan terhadap kepuasan nasabah.
Kata Kunci : Dimensi Kualitas Jasa Perbankan, Kepuasan Nasabah