ANALISIS PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN HARGA TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN PENGIRIMAN PADA PT. JNE EXPRESS MEDAN
Oleh : Ananda Dea Latifah
Diterbitkan di : BISMAN INFO
Volume : 11 No : 1 April 2024
Penerbit : Politeknik Unggul LP3M
ISSN : 2355-150X
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh harga dan kualitas pelayanan dan Harga terhadap kepuasan konsumen menggunakan jasa JNE EXPRESS Medan. Metodologi penelitian yang dipakai adalah Kuantitatif metodologi ini Berkaitan dengan observasi atau pengamatan langsung, koesioner dan study pustaka, yaitu pengumpulan data dari berbagai jurnal online. Hasil penelitian yang di dapat setelah penulis melakukan penelitian dan pengamatan ialah pengaruh harga dan kualitas pelayanan dan harga terhadap kepuasan konsumen menggunakan jasa JNE EXPRESS Medan masih kurang baik pelayanannya. Hal ini dapat dilihat dari masih ditemukannya complain dari pelanggan. Menjalin hubungan dengan pelanggan perlu dilakukan oleh perusahaan agar produk dan pelayanan yang diberikan sesuai dengan apa yang diharapkan. Pelanggan yang merasa puas secara tidak langsung akan menciptakan kepuasandan mendorong terjadinya rekomendasi dari mulut ke mulut maupun melalui media sosial lain yang dapat memperbaiki citra perusahaan dimata pelanggan. Oleh karena itu,Kualitas Pelayanan dan Harga kepuasan konsumen menjadi fokus utama yang harus diperhatikan perusahaan.
Kata Kunci : Kualitas pelayanan ,Harga, kepuasan pelanggan