UPAYA PENINGKATAN KEPUASAN KONSUMEN DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP PEMBELIAN SNACK DI TOKO GROSIR SARIATI SINGKIL
Oleh : ANNISA
Diterbitkan di : BISMAN INFO
Volume : 11 No : 3 Desember 2024
Penerbit : Politeknik Unggul LP3M
ISSN : 2355-150X
Abstrak
Kualitas Pelayanan adalah kunci utama dalam meningkatkan Kepuasan Konsumen sebagai kunci sukses suatu usaha. Peranan pelayanan akan lebih besar dan menentukan jika pada kegiatan usaha tersebut bersaing dalam persaingan pasar dan dapat menarik pelanggan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana upaya peningkatan kepuasan konsumen dan kualitas pelayanan terhadap pembelian snack pada usaha grosir. Penelitian ini merupakan studi kasus dengan metode kualitatif. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer yang dikumpulkan melalui kuesioner dan wawancara. Konsumen yang merasa puas secara tidak langsung akan menciptakan Kepuasan dan mendorong terjadinya rekomendasi dari mulut ke mulut maupun melalui media sosial lain yang dapat memperbaiki citra usaha dimata pelanggan. Oleh karena itu, kualitas pelayanan menjadi fokus utama yang harus diperhatikan usaha untuk meningkatkan kepuasan konsumen. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa Kepuasan Konsumen dan kualitas pelayanan berpengaruh terhadap Pembelian Snack.
Kata Kunci : Kepuasan Konsumen, Kualitas Pelayanan, Pembelian Snack