STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN PADA PENJUALAN JASA TRANSPORTASI ONLINE (Studi Kasus Pada Penjualan Jasa Transportasi Online GrabCar)
Oleh : Abdul Haris
Diterbitkan di : BISMAN INFO
Volume : 4 No : 3 Oktober 2017
Penerbit : Politeknik Unggul LP3M
ISSN : 2355-1500
Abstrak
Transportasi sudah menjadi kebutuhan vital masyarakat dewasa ini. Kemajuan teknologi dan pesatnya perkembangan alat transportasi menjadikan peluang usaha yang menarik. Dilihat dari sisi transportasinya ataupun dari sisi pemilihan sarana transportasi tersebut. Komunikasi pemasaran sebagai penghubung penyedia jasa transportasi dan pengguna tarnsportasi merupakan salah satu pilihan strategis dalam menenyukan jenis transportasi yang akan digunakan. Komunikasi pemasaran dapat digunakan sebagai alat untuk memastikan koneksi berbagai pihak yang tertarik pada suatu produk. Penggunaan media dalam proses komunikasi pemasaran perlu mempertimbangkan kemungkinan adanya distorsi atau hambatan yang timbul. Distorsi dapat menyebabkan kondisi miskomunikasi, dimana pesan yang dikirim oleh pengirim dianggap gagal karena komunikasi memberikan reaksi yang berbeda dari yang diharapkan oleh komunikator. Hal ini dapat disebabkan oleh berbagai perbedaan penafsiran pesan. Teknologi internet telah terbukti membantu pemasaran dengan cepat dengan biaya murah. Ini menjadi bidang studi yang menarik, terutama dalam perspektif sains sebagai pengetahuan komunikasi. Begitu juga dalam bisnis penjualan jasa transportasi online yang sangat membutuhkan strategi komunikasi pemasaran. Sehingga konsumen mengetahui produk/layanan yang ditawarkan, sehingga bisa merangsang penjualan.
Kata Kunci : Komunikasi Pemasaran, Strategi, Penjualan