PENGARUH BAURAN PEMASARAN TERHADAP LOYALITAS KONSUMEN PADA PRODUK HILO PT. NUTRIFOOD INDONESIA
Oleh : Nasib, Al Hafiz Lubis
Diterbitkan di : BISMAN INFO
Volume : 4 No : 3 Oktober 2017
Penerbit : Politeknik Unggul LP3M
ISSN : 2355-1500
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh bauran pemasaran terhadap loyalitas konsumen. Populasi dalam penelitian yaitu pelanggan pada PT. Nutrifood Indonesia yang berjumlah 170 orang sedangkan teknik penentuan sampel purposive sampling. Sehingga sampel dalam penelitian ini berjumlah 75 orang. Jenis penelitian ini merupakan deskriptif kuantitatif. Metode kuantitatif adalah metode ilmiah/scientific karena telah memenuhi kaidah-kaidah yaitu konkrit/emperis, obyektif, terukur, rasional, dan sistematis. Disebut metode kuantatif karena data penelitian berupa angka-angka dan analisis menggunakan statistik
Hasil analisis regresi bergenda yaitu Y = 22,662 + 0,599X + e yang menunjukkan bauran pemasaran berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas konsumen. Sedangkan hasil uji (t) atau uji parsial menunjukkan bahwa bauran pemasaran berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas konsumen dimana dapat dilihat nilai t hitung 7,540 > t tabel 1,993.
Hasil koefisien determinasi dengan nilai regresi korelasi sebesar 0,662, artinya bahwa bauran pemasaran memiliki kontribusi pada taraf cukup kuat. Kemudian koefisien determinasi (R2) sebesar 0,438 (43,8%). Sehingga dapat dikatakan bahwa 43,8% variasi variabel terikat yaitu bauran pemasaran pada model memiliki kontribusi pada loyalitas konsumen konsumen pada PT Nutrifood Indonesia sedangkan sisanya sebesar 56,2% dipengaruhi oleh variabel lain di luar model.