PENGARUH ONLINE SHOP PADA MEDIA SOSIAL INSTAGRAM TERHADAP PERILAKU KONSUMTIF MAHASISWI UIN SUMATERA UTARA
Oleh : Ratih Amelia
Diterbitkan di : BISMAN INFO
Volume : 4 No : 3 Oktober 2017
Penerbit : Politeknik Unggul LP3M
ISSN : 2355-1500
Abstrak
Instagram merupakan sebuah aplikasi berbagi foto yang memungkinkan pengguna mengambil foto, menerapkan filter digital, dan membagikannya ke berbagai layanan jejaring sosial, termasuk milik instagram sendiri. Dari kelebihan fitur tersebut, membuat sebagian orang berkesempatan untuk menjadikan instagram sebagai lahan untuk berbisnis disebut dengan online shop. Online shop pada instagram sangat memudahkan orang-orang untuk berbelanja secara online. Banyaknya akun online shop pada instagram, pastinya membuat dampak yang memicu perilaku konsumtif.
Dalam penelitian ini, penulis ingin mengetahui pengaruh online shop pada media sosial instagram terhadap perilaku konsumtif melalui kuisioner kepada 170 responden. Responden yang dipilih adalah mahasiswi UIN Sumatera Utara yang menggunakan dan mengakses online shop pada media sosial instagram. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melihat bagaimana pengaruh online shop pada media sosial instagram terhadap perilaku konsumtif dan faktor yang berpengaruh terhadap perilaku konsumtif.
Penelitian ini menggunakan kuantitatif dengan metode survei, metode survei adalah metode riset yang menggunakan kuesioner sebagai instrumen pengumpulan datanya, tujuannya untuk memperoleh informasi tentang sejumlah responden yang dianggap mewakili populasi tertentu. Sedangkan teknik pengumpulan datanya menggunakan kuesioner dan observasi.
Berdasarkan hasil dan penelitan dan hasil uji t (parsial) menunjukkan variabel frekuensi terpaan, selective attention, motif informasi, motif identitas pribadi, motif hiburan, pendapat dan pembujukan, kepercayaan, dan kepribadian dan penyesuaian diri berpengaruh positif terhadap mahasiswi UIN Sumatera Utara, tetapi variabel motif interaksi sosial berpengaruh negatif ter-hadap perilaku konsumtif mahasiswi UIN Sumatera Utara. Sedangkan koefisien determinasi yang telah disesuaikan ( R Square) sebesar 0,472 artinya frekuensi terpaan, selective attention, motif informasi, motif identitas pribadi, motif interaksi sosial, motif hiburan, pendapat dan pembujukan, kepercayaan, dan kepribadian dan penyesuaian diri berpengaruh terhadap perilaku konsumtif mahasiswi sebesar 47,2% dan sisanya 52,8% dipengaruhi oleh variabel lain di luar model.
Kata Kunci : pengaruh, online shop, instagram, perilaku konsumtif, motif.