UPAYA MENINGKATKAN KEPUASAN MAHASISWA MELALUI KUALITAS PELAYANAN ADMINISTRASI DAN PRICE DISCOUNT
Oleh : Adetia Azmi Tanjung, Taufiq Hidayah
Diterbitkan di : BISMAN INFO
Volume : 9 No : 1 Februari 2022
Penerbit : Politeknik Unggul LP3M
ISSN : 2355-150X
Abstrak
Kajian utama dalam penelitian ini yaitu pertama untuk mengetahui secara parsial pengaruh kualitas pelayanan administrasi terhadap kepuasan mahasiswa, kedua untuk mengetahui secara parsial pengaruh price discount terhadap kepuasan mahasiswa dan ketiga untuk mengetahui secara simultan pengaruh kualitas pelayanan administrasi dan price discount terhadap kepuasan mahasiswa. Jenis penelitian ini yaitu penelitian kausal (sebab-akibat). Populasi dalam penelitian yaitu mahasiswa pada STIE Muhammadiyah Asahan yang berjumlah 112 responden sedangkan teknik penentuan dengan Non propability sampling dengan cara sampel jenuh. Adapun sumber data dalam penelitian ini dari data primer dan data sekunder. Sedangkan teknik analisa data yang digunakan yaitu analisis regresi linier berganda. Hasil uji (t) atau uji parsial menunjukkan bahwa kualitas pelayanan administrasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan mahasiswa dimana dapat dilihat nilai t hitung 3,812 > t tabel 1,987 dan variabel price discount berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan mahasiswa dimana dapat dilihat nilai t hitung 2,371 > t tabel 1,987. Kemudian secara simultan nilai Fhitung = 46,135 > Ftabel 3,17. Sehingga kualitas pelayanan administrasi dan price discount berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan mahasiswa pada STIE Muhammadiyah Asahan.